D3 TKJ UNTAD

Forum Buat Berbagi Ilmu Pengetahuan
 
IndeksFAQPencarianAnggotaPendaftaranGroupGalleryLogin

Share | 
 

 Ronisafar & Yuni Prihatin

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down 
PengirimMessage
rendra
Moderator
Moderator


Number of posts : 179
Age : 39
Registration date : 26.07.07

PostSubyek: Ronisafar & Yuni Prihatin   Fri Apr 25, 2008 10:57 am

Topic :
Switch Operation
Pembahasan :
Fungsi switch dalam jaringan ethernet, frame transmission mode, learn address dan filter frame pada switch, implementation microsegmentation, collision doman dan broadcast domain pada swicth
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
yuniar
Penghuni Baru
Penghuni Baru


Number of posts : 10
Registration date : 24.07.07

PostSubyek: Re: Ronisafar & Yuni Prihatin   Wed Apr 30, 2008 7:50 pm

Fungsi switch dalam jaringan Ethernet

Switch seperti hub yang memiliki banyak port yang berfungsi untuk menghubungkan host atau peralatan jaringan dalam jaringan LAN. Switch dapat dikatakan device yang lebih pintar disbanding Hub, sebab selain menghubungkan komputer switch dapat mengurangi collusion domain, dan menentukan tujuan (destination) dengan cara membaca MAC address, serta memelihara daftar MAC address tersebut.

Frame transmission mode


Sistem kerja switch yang menjadi keunggulan switch dibanding hub adalah switch menggunakan mode frame transmission yaitu mode pengiriman frame. Ketika komputer pengirim mengirimkan sebuah data, FCS (Frame Check Sequence) yang berada pada switch akan mengecek kesalahan dalam transmisi data dengan cara mengirimkan sandi berupa field 16 bit yang merupakan MAC address.
MAC address ini akan dipakai penerima untuk memeriksa data dari kesalahan. Apabila antara isi field dengan hasil perhitungan yang dilakukan penerima tidak sama, maka dipastikan telah terjadi kesalahan dalam proses transmisi.
Dalam proses pengiriman frame akan dicek panjang frame bila frame terlalu kecil atau terlalu besar, frame tersebut akan dibuang, Batas panjang frame 64-1518 bila data yang lebih kecil dari 46 akan ditambahkan dengan data yang kosong yang namanya Tag.
Setelah itu data tersebut akan dicek berasal dari mana data tersebut berasal dan akan dikirim kemana data tersebut. Kemudian masuk pada SFD (Start Frame Delimiter) sebagai menandakan start awal pengiriman data. Setelah itu masuk pada Preamble yang bertugas melakukan sinkornisasi.

Proses Learn address & filter frame

Dalam pengiriman data yang melalui switch, menggunakan metode Frame transmission. Ketika sebuah komputer menggirimkan data ke komputer tujuan, yang mempelajari host-host yang terhubung dengan switch. Switch yang baru dinyalakan table ARP masih kosong yang berisi MAC address. Pada saat komputer pengirim mengirimkan data melewati switch maka switch tersebut menyimpan MAC address pengirim pada table.ketika komputer tujuan memberikan pesan bahwa dia telah menerima data dari komputer pengirim maka komputer penerima melewati switch kemudian switch akan menyimpan MAC address tujuan. Setelah sebuah switch mempelajari address yang terhubung langsung dengannya maka akan mempermudah filter frame yang berguna untuk mengurangi kesalah dalam pengiriman data yang berupa frame.

Implementation Microsegmentation

Microsegmentation menguragi ukuran collision domains sert693a meningkatkan kinerja dari jaringan atau backbone switch dapat dihubungkan dengan hub untuk menyediakan kesesuain level dari kinerja jaringan untuk user dan sever, serta dapat mengalokasikan bandwidth pada setiap port

Collision Domain & Broadcast Domain pada switch

Salah satu keuntungan switch yaitu mengurangi collision domain yaitu tabrakan data dalam pengiriman data, collision domain dapat dipecahkan oleh device layer 2 dan 3 yaitu switch/ bridge dan router. Bila pada switch collosion domain berjumlah satu yaitu device yang terhubung dalam sebuah port. Sama halnya collision domain, broadcast domain memiliki broadcast tergantung pada port yang terhubung.[img][/img][url][/url][url]
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
 
Ronisafar & Yuni Prihatin
Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas 
Halaman 1 dari 1

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
D3 TKJ UNTAD :: Mata Perkuliahan :: CCNA :: Tugas Dan Informasi-
Navigasi: