D3 TKJ UNTAD

Forum Buat Berbagi Ilmu Pengetahuan
 
IndeksFAQPencarianAnggotaPendaftaranGroupGalleryLogin

Share | 
 

 KOMPONEN ROUTER

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down 
PengirimMessage
ancha
Penghuni Baru
Penghuni Baru


Number of posts : 6
Age : 27
Registration date : 26.08.07

PostSubyek: KOMPONEN ROUTER   Sat Apr 05, 2008 10:29 am

CPU
CPU menjalankan instruksi system oprasi. seperti menganalisis system, fungsi routing dan fungsi switching.
RAM
RAM menyimpan insturksi dan data yang diperlukan untuk dieksekusi oleh CPU.RAM digunakan untuk menyimpan komponen-kompenen sebagai berikut:
a. Operating system
Cisco IOS di salin ke dalam RAM saelama bootup berlangsung.
b. Running configuration file.
Configuration file ini yang menyimpan perintah-perintah yang sedang digunakan IOS. Dengan pengecualian, semua perintah konfigurasi router disimpan dalam running configuration file yang disebut sebagai running-config.
c. IP routing Table
File ini menyimpan informasi tentang directly connected dan remote network. Ini digunakan untuk menentukan jalur yang terbaik untuk meneruskan paket.
d. ARP chace
ARP chace ini berisi IP address versi 4 untuk memetakan MAC address, mirip dengan ARP chace pada PC. ARP chace digunakan pada router-router yang memiliki line Interface seperti Interface Ethernet.
e. Packet Buffer
Packet untuk sementara disimpand dalam buffer ketika data tersebut diterima di terima di interface atau sebelum data tersebut keluar dari interface.

RAM adalah memori volatile dan ketika router di matikan atau direstar isinya akan hilang/terhapus, bagaimanapun, router juga memiliki tempat penyimpanan yang permanen, seperti ROM, flash dan NVRAM.

ROM merupakan tempat penyimpanan permanen. Perelatan cisco mengunakan ROM untuk menyimpan:
Instruksi bootstrap
Diagnose dasar software
Versi dari IOS
ROM menggunakan firmware, yaitu software yang berada dalam IC, firmware termasuk software yang tidak sama dengan software yang lain yang dapat di modifikasi atau diperbaharui, seperti bootup. ROM isinya tidak akan terhapus ketika router dimatikan atau direstart.

FLASH MEMORY
Flash memory adalah memory nonvolatile yang dapat disimpan dan dugaoys secara elektrik. Flash digunakan, seperti penyimpanan permanent untuk system operasi cisco IOS. Di beberapa model cisco IOS, IOS merupakan penyimpanan secara permanen dalam flash memory dan disalin kedalam RAM selama prosess bootup. Yang mana dilakukan oleh CPU(central prosesing unit). Beberapa model lama dari router cisco menjalankan IOS secara langsung dari flash. Flash terdiri dari SIMMs atau kartu PCMCIA. Yang mana dapat di upgrade(diperbaharui)untuk meningkatkan kapasitas memory.
Isi flash memory tidak dapat hilang ketika router dimatikan atau direstart
NVRAM (Nonvolatile Random Acess Memory)
NVRAM(Nonvolatile RAM) informasinya tidak akan hilang/terhapus jika dalam keadaan mati. Hal ini berbeda dengan RAM pada umumnya, seperti DRAM yang mana membutuhkan power yann terusmenerus untuk memelihara informasinya.NVRAM digunakan oleh cisco IOS seperti penyimpanan permanent file starup-configuration(starup-config). Semua konfigurasi yang tersimpan yang tersimpan dalam file running-config dalam RAM, dengan pengecualian dilaksanakan dengan segera oleh IOS. Router harus dalam keadaan mati atau powernya hilang untuk menyimpan perubahan. Kemudian running-config harus disalin ke NVRAM. seperti penyimpanan file startup-config.NVRAM menggunakan kembalis isinya ketika router dimatikan.

ROM,RAM,NVRAM, dan flash dibicarakan dalam bagian berikutnya yang mana memperkenalkan IOS dan proses bootup. IOS akan dibahas pada pertemuan berikutnya.

Ini sangat penting bagi networking professional untuk memahami fungsi dari komponen main internal pada router kemudian tempat pemasukan komponen harus tepat pada spesifikasi router. Struktur physical internal berbeda dari modul ke modul.

nama kelompok :
HAMZAH HAIDIR (ancha_acomp@yahoo.com)
KARTIKA NINGSI (thykacute_pinkers@yahoo.co.id)
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
 
KOMPONEN ROUTER
Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas 
Halaman 1 dari 1
 Similar topics
-
» MOHON BANTUANNYA DENGAN SANGAT!!!!!
» minta bantuan plus saran
» Swap Engine
» WTS Helm Shiro Router
» Aktivitas PERTAMAXXX

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
D3 TKJ UNTAD :: Gudang Ilmu :: Gudang CCNA :: Gudang Tugas CCNA 2-
Navigasi: