D3 TKJ UNTAD

Forum Buat Berbagi Ilmu Pengetahuan
 
IndeksFAQPencarianAnggotaPendaftaranGroupGalleryLogin

Share | 
 

 [Share] All About Wordpress

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down 
PengirimMessage
Sleepy-Palu
Penghuni Baru
Penghuni Baru


Number of posts : 24
Location : In my dreams, and i hope can se an angel.. thats come true??
Registration date : 14.11.07

PostSubyek: [Share] All About Wordpress   Wed Nov 14, 2007 4:40 pm

Saya bukan pakar, dan bukan ahli dalam membuat weblog, tapi disini saya coba pajang thread tentang bagaimana membuat dan mengelolah sebuah blog [Wordpress].
So kalo ada yg mau bertanya silhkan.. mari kita belajar bersama.. afro

Awalilah dengan sebuah pertanyaan..!!!


Terakhir diubah oleh tanggal Wed Nov 14, 2007 4:47 pm, total 1 kali diubah
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
Sleepy-Palu
Penghuni Baru
Penghuni Baru


Number of posts : 24
Location : In my dreams, and i hope can se an angel.. thats come true??
Registration date : 14.11.07

PostSubyek: Wordpress Tutorial   Wed Nov 14, 2007 4:43 pm

Cara mendaftar di wordpress.com untuk mendapatkan account wordpress adalah sebagai berikut:

1. buka www.wordpress.com
2. klik sign up di bagian atas yang tulisan tebal.
3. setelah itu akan muncul lembar bertuliskan Get your own WordPress.com account in seconds. silahkan anda mengisi kolom yang di sediakan. perhatikan bagian akhirnya di bawah, ada dua pilihan yakni Gimme a blog! (Like username.wordpress.com) yang berarti username anda di atas tersebut nantinya sebagai alamat wordpress anda. dan yang kedua yakni Just a username, please. yang berarti hanya username saja, untuk nama wordpress anda buat sendiri nantinya.
Setelah itu, klik Next... selesai?

Anda baru saja membuat blog untuk pertama kalinya dengan Wordpress.com. Sekarang apa yang harus anda lakukan dengan blog itu?

Coba gunakan cara praktis berikut untuk mengenali isi situs/blog anda.

Metode yang biasa dilakukan untuk memulai nge-blog dengan wordpress.com adalah membuat blog anda tampil cantik. Untuk melakukan itu, pertama membuat 2 buah tulisan kemudian menampilkannya (Publish). Tulisan apa saja, sembarang, yang penting anda perlu belajar bagaimana mengisi blog anda dengan tulisan. Untuk menulis sebuah tulisan (post), klik ” New Post” pada Panel admin wordpress (My Dashboard), isi judul tulisan, mulailah menulis, kemudian letakkan dalam suatu kategori.

Anda dapat membuat beberapa kategori dengan menuliskan kata (atau beberapa kata) di dalam kotak Kategori (biasanya ada di samping kanan Editor Tulisan) kemudian klik Tambah. Dengan nge-klik “Tambah” anda telah membuat kategori baru (tunggu beberapa saat yah). Untuk memilih kategori itu, klik kotak ceklist yg ada di kiri setiap kategori. Kalau sudah siap tulisan anda untuk ditampilkan, Klik saja “Tampilkan”.

Setelah anda mem-publish (menampilkan) 2 tulisan, klik Presentation (Tampilan) ada di menu utama dashboard dan gulung ke bawah untuk memilih/melihat-lihat daftar Tema Wordpress yang tersedia. Pilih salah satu tema tadi dengan me-klik-nya kemudian Lihat Situs anda. Coba jelajah situs denagn tema yang telah anda pilih itu, lihatlah bagian front page (halaman depannya), coba lagi bikin tulisan dan menampilkannya, sekali lagi jelajah semua isi situs tadi. Kenali semua sisi-sisi situs dengan tema tadi. Anda menyukainya, ok mulailah nge-blog. Gak suka? Ubahlah dengan tema lain yang tersedia.
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
Sleepy-Palu
Penghuni Baru
Penghuni Baru


Number of posts : 24
Location : In my dreams, and i hope can se an angel.. thats come true??
Registration date : 14.11.07

PostSubyek: Cara membuat Link [tautan]   Wed Nov 14, 2007 4:46 pm

Berikut ini adalah cara membuat tautan/link ke alamat url/website lain, baik dalam blog atau yang dil uar blog.



1. Tulis teks yang anda inginkan agar orang bisa nge-klik untuk menuju situs lain. (Bisa alamat url di dalam blog mauopun situs lain diluar blog).
2. Anda perlu menyorot (menge-blok) suatu teks yang akan dijadikan tautan/link dengan menggunakan mouse. Cara lain untuk mengeblog suatu teks yah seperti bekerja di aplikasi word, gunakan tuts SHIFT dan panah navigasi di keyboard.
3. Klik ikon yang seperti rantai bertautan itu. Sebuah jendela kecil akan muncul. Masukkan alamat url secara lengkap. Anda dapat memilih pada kolom target apakah link akan dibuka dengan jendela baru nantinya atau tetap menggunakan jendela sebelumnya. Jika anda memasukkan sebuah Title (judul) maka ketika orang meletakkan pointer di atas sebuah link maka akan muncul teks yang anda masukkan dalam kolom target tadi. Ini berfungsi sebagai keterangan.
4. Klik Insert untuk menyelesaikan pembuatan tautan/link ini
5. Jika ingin membuang/membatalkan link yang sudah dibuat bisa nge-klik ikon rantai yg terputus ini.

NB: Untuk membuat link dari sebuah image/gambar caranya sama, langkah ke dua diganti dengan ngeklik gambar (sebagai ganti teks tadi) yg akan dijadikan tautan/link, langkah berikut sama.
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
Sleepy-Palu
Penghuni Baru
Penghuni Baru


Number of posts : 24
Location : In my dreams, and i hope can se an angel.. thats come true??
Registration date : 14.11.07

PostSubyek: Mengutak-atik Sidebar   Wed Nov 14, 2007 4:52 pm

Sidebar biasanya memiliki cukup banyak informasi yang dirangkum dalam bentuk link-link. Pengunjung blog biasanya cukup memperhatikan sidebar ini. Di sidebar kita bisa menempatkan aneka informasi mulai category artikel-artikel kita, arsip berdasarkan tanggal posting atau link-link relasi dan blog lain yang sewarna dengan milik kita.
Bagi pemakai Wordpress install-an sendiri, mengutak-atik sidebar dapat dilakukan di file sidebar.php. Kamu perlu memiliki sedikit ilmu php khususnya mengenal tag Wordpress dan html untuk ini. Tapi jika kamu merasa repot, kamu bisa menggunakan theme K2. Disana ada sidebar module yang bisa digunakan. Kamu cukup memilih modul-modul yang ingin dimasukkan ke dalam sidebar, dan selanjutnya BUMMM!!, sidebarmu akan tersusun rapi secara otomatis.

Bagi pemakai Wordpress.com insya Allah semua themes menyediakan Sidebar Editor dimana kamu bisa menempatkan aneka modul yang diinginkan dengan hanya klik dan drag. Untuk menghapusnya tinggal klik drag juga. Sedangkan untuk mengkostumisasi, cukup dengan mengklik icon costumize yang ada di samping judul, maka sebuah popup form akan muncul dan kamu bisa memberikan pengatur sesuka hatimu.
Namun, pengguna wordpress.com memiliki keterbatasan, yaitu belum bisa menempatkan javascript dan iframe ke dalam kostumisasi. Jadi, bila kamu ingin menempatkan shoutbox ke dalam sidebar, harap bersabar dan berdoa moga wordpress.com berbaik hati merubah aturan mereka.. hehehe…
Berikut ini cara mengelola sidebar di wordpress.com
Masuk ke menu Tampilan – Widget Kolom Sisi seperti di bawah ini :



Kotak di bawah tulisan “kolom sisi” adalah wadah tempat kita meletakkan modul-modul yang ingin ditampilkan di kolom sisi. Scroll ke bawah dan kamu akan menemukan modul-modul yang siap ditempatkan ke dalam sidebar. Berikut ini modul-modul yang bisa kamu masukkan :



Untuk memasukkan modul, kamu tinggal klik dan drag ke kotak kolom sisi, seperti terlihat pada gambar berikut :



Setelah kamu menentukan modul apa saja yang diletakkan, sekarang tinggal mengaturnya agar sesuai dengan keinginan. Masing-masing modul memiliki pengaturan sendiri-sendiri tergantung fungsinya masing-masing. Untuk mengatur tampilan modul cukup dengan mengklik icon disamping modul



Misalnya kita ingin memasukkan text atau kode HTML ke dalam sidebar. Maka kamu bisa memilih modul Teks1 kemudian klik ikon konfigurasi seperti ditunjukkan gambar diatas. Sebuah kotak popup akan muncul dimana kamu bisa mengisikan judul dan isi kolom barumu



Gampang Bukan? Khusus untuk Pengumpan RSS dan Teks, kamu bisa menambahkan lebih dari satu. Untuk meminta penambahan kolom teks, langkah yang harus dilakukkan adalah menscroll layar ke bawah lagi hingga menemukan form penambahan Pengumpan RSS dan Teks.



Pilih berapa kolom baru yang kamu inginkan, lalu klik Simpan
Kamu juga bisa mengatur urutan penataan sidebar dengan menggeser-gesernya. Form pengaturan sidebar ini agak berat, karena menggunakan banyak script Javascript.
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
Sleepy-Palu
Penghuni Baru
Penghuni Baru


Number of posts : 24
Location : In my dreams, and i hope can se an angel.. thats come true??
Registration date : 14.11.07

PostSubyek: Mengganti Image header pada themes   Wed Nov 14, 2007 4:54 pm

Jika theme yang anda gunakan ada dalam deretan daftar di bawah tulisan ini, berarti anda dapat mengubah Image Header (kepala gambar)
>> Masuk Panel Admin Wordpress.com
>> Pindah tab ke Tampilan (Presentation)
>> Custom Image Header
>> Browse (Cari gambar yang akan dijadikan image header pada komputer anda)
>> Unggah (Image/gambar baru pun segera muncul)
>> Klik tombol Simpan Perubahan





Jika Anda mau menggantinya untuk gambar yang lain silahkan dilakukan langkah yang sama seperti di atas. Jika anda ingin mereset untuk mengembalikan image secara default anda bisa klik tombol Perbaiki kembali Tajuk Asli.
Untuk mendapatkan hasil terbaik gunakan image (gambar) yang ukurannya seperti tertulis di samping masing-masing theme di bawah ini.
Header yang dapat diubah adalah header untuk theme:

1. Ambiru ukuran:500*225
2. Benevolence ukuran:700*225
3. Blix ukuran:690*115
4. Chaotic Soul ukuran: 760*151
5. Connections ukuran:74*143
6. Contempt ukuran:750*140
7. Cutline ukuran: 770*140
8. Day Dream ukuran: 527*273
9. Fjords04 ukuran: 900*200
10. Freshy ukuran: 780*95
11. Greenery ukuran: 740*176
12. Iceburgg ukuran 790*150
13. K2-lite ukuran: 780*200
14. Kubrick ukuran:760*200
15. MistyLook ukuran: 806*189
16. Neat ukuran:700*200
17. Pool ukuran: 600*150
18. Pressrow ukuran: 770*200
19. Regulus ukuran:730*140
20. Rubric ukuran:215*150
21. Sapphire ukuran:750*180 inc border 741*171 ex. border
22. Tarski ukuran: 720*180

Diadaptasi dari FAQ Wordprss.com
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
Admin
Admin
Admin


Number of posts : 113
Age : 28
Location : Bumi Allah Dimana Penuh Dengan Cinta Dan Kasih Sayang
Registration date : 23.07.07

PostSubyek: Re: [Share] All About Wordpress   Tue Nov 20, 2007 7:34 pm

HHHHmmmmmmmmmmmmmmmm,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,

Makasih Banget Dah Mau Sharing Info Mengenai Ilmu-Ilmunya.............
Tapi Gimana Kalau Anda Memperkenalkan Diri Dulu Biar Kita Semua Bisa Saling Kenal Smile Smile

So Tolong Perkenalkan Diri Dulu Ya Bro....................

Thanks..............

Regard,


Team Management

_________________
Ilmu Yang Paling Berharga Adalah Ilmu Yang Diamalkan Dan Dibagikan Demi Kemaslahatan Umat

Kunjungi Juga Dunk Web Ini :
Silahkan Klik Disini

Klik Disini Juga
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user http://d3tkjuntad.cyberfreeforum.com
Sleepy-Palu
Penghuni Baru
Penghuni Baru


Number of posts : 24
Location : In my dreams, and i hope can se an angel.. thats come true??
Registration date : 14.11.07

PostSubyek: Re: [Share] All About Wordpress   Thu Jan 17, 2008 5:53 pm

nanti kita ketemu di PBC Very Happy

Soft Launching PBC, informasi selengkapnya di http://nosarara.org/content/view/24/1/
atau di http://nosarara.org/diskusi/index.php?topic=22.0
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
Sponsored content




PostSubyek: Re: [Share] All About Wordpress   Today at 4:11 pm

Kembali Ke Atas Go down
 
[Share] All About Wordpress
Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas 
Halaman 1 dari 1
 Similar topics
-
» share lagu barat (tapi jangan metal :D)
» (share) Pengalaman enak and gak enak di bengkel resmi
» Pernah punya pengalaman 'berantem' dijalan? Share dimari yah.
» Tukeran No HP yuk...
» [share] Caraku terhindar 100% dari Virus PC & Notebook ( No Deep Freeze )

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
D3 TKJ UNTAD :: Internet dan Hobi :: Internetan-
Navigasi: